Minggu, 09 Juli 2023

Rugi Loh Pakai Kartu Akses Duplikat di Apartemen

 


Sahabat Lumba, menduplikasikan kartu akses adalah praktik umum yang dilakukan oleh para pengguna sistem akses kontrol dengan kredensial menggunakan kartu. Dalam konteks penggunaan di apartemen, kartu akses apartemen adalah salah satu cara yang nyaman untuk membiarkan penghuni masuk dan keluar dari gedung apartemen. Namun, apa jadinya jika Sahabat Lumba kehilangan kartu akses? Atau Sahabat Lumba perlu memberi orang lain akses ke apartemen Sahabat Lumba, seperti pengasuh hewan peliharaan atau kontraktor? Dalam kasus ini, Sahabat Lumba membuat kartu akses duplikat.

Dalam artikel ini, Lumbatech akan membahas tentang kartu akses duplikat dan bahayanya menduplikat kartu akses apartemen. Sahabat Lumba, yuk kita simak.

 

Apa itu kartu akses duplikat?

Kartu akses duplikat merupakan salinan kartu akses yang dibuat untuk berbagai keperluan. Proses menduplikat kartu akses dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang menggandakan data dari kartu asli ke kartu yang ingin diduplikat. Tujuan utama dari menduplikat kartu akses misalnya untuk menggantikan kartu yang hilang, memberikan kartu cadangan kepada rekan, atau memberikan kartu akses sementara kepada teknisi.

 

Apa Ruginya Kartu Akses Duplikat?

Sistem akses kontrol tidak dapat mengidentifikasi perbedaan antara kartu akses duplikat dengan kartu akses asli, jadi jika terdapat banyak kartu akses duplikat, sulit untuk menentukan siapa yang sebenarnya berhak untuk memasuki apartemen. Ini akan membuat pengelola apartemen akan menghadapi kesulitan dalam menentukan siapa yang berhak memasuki apartemen. Mendeteksi kartu akses duplikat juga menjadi sulit karena tidak ada cara yang pasti untuk membedakan kartu akses asli yang telah ditetapkan sejak awal.

Beberapa alasan kartu akses duplikat dapat membahayakan keamanan apartemen adalah:

1. Akses yang Tidak Sah

Penggunaan kartu akses duplikat dapat menyebabkan masalah keamanan serius di apartemen. Jika kartu akses tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak berhak, mereka bisa saja melakukan pencurian, merusak properti, atau melakukan pelanggaran keamanan lainnya.

2. Kurangnya Kontrol

Kartu akses yang diduplikasi dapat mempersulit pengelola apartemen dan aparat keamanan melakukan pelacakan siapa yang telah masuk dan keluar dari gedung atau fasilitas apartemen. Hal ini membuat sulit untuk mengidentifikasi dan mengatasi insiden keamanan.

3. Mengurangi Kepercayaan bagi Sebagian Penghuni

Ketika menggunakan kartu akses duplikat di apartemen, hal ini dapat menyebabkan penghuni apartemen dan pihak yang berwenang mempertanyakan kemampuan pengelola apartemen dalam menjaga keamanan gedung dan fasilitas apartemen. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya kepercayaan dan persepsi negatif terhadap apartemen tersebut.

4. Merusak Reputasi Apartemen

Terjadinya pelanggaran keamanan dapat merusak reputasi apartemen tersebut, yang menyebabkan penurunan loyalitas penghuni. Kartu akses duplikat dapat memudahkan pelaku kriminal untuk menargetkan suatu apartemen, yang selanjutnya merusak reputasinya.

5. Mengurangi Keefektifan Sistem Keamanan

Kartu akses sering digunakan sebagai kredensial sistem keamanan apartemen. Ketika kartu akses ini diduplikasi akan mengganggu efektivitas sistem keamanan apartemen tersebut.

6. Potensi Terkena Masalah Hukum

Sahabat Lumba, kartu akses duplikat juga dapat menimbulkan masalah hukum bagi pemilik asli. Jika seseorang tak bertanggung jawab menyalahgunakan atau melakukan tindakan kriminal dengan menggunakan kartu akses duplikat, pemilik asli kartu tersebut dapat dianggap ikut bertanggung jawab atas tindakan tersebut.

Dengan melarang penggunaan kartu akses duplikat, pengelola apartemen dapat memastikan keselamatan dan keamanan penghuni serta gedung dan fasilitas di dalamnya. Selain itu, pengelola apartemen dapat membangun kepercayaan dengan penghuni apartemen, meningkatkan nilai jual saat mempromosikan apartemen tersebut, serta meningkatkan efektivitas keamanan di lingkungan apartemen.

 

Pendapat Lumbatech Mengenai Kartu Akses Duplikat

Lumbatech tidak merekomendasikan menduplikat kartu akses apartemen karena kerugiannya jauh lebih besar daripada manfaatnya. Modus operandi para pelaku kriminal semakin beragam dan canggih. Tanpa disadari, kartu akses Sahabat Lumba bisa tiba-tiba diduplikat, dan pelaku tersebut dapat memasuki apartemen tanpa diketahui oleh Sahabat Lumba.

Namun, Sahabat Lumba tidak perlu khawatir. LumbaTech sangat merekomendasikan penggunaan kartu akses terenkripsi untuk menghindari duplikasi kartu akses. Contoh kartu akses terenkripsi yang bisa Sahabat Lumba gunakan adalah kartu MIFARE DESFire. Kartu jenis ini merupakan kartu RFID dengan tingkat keamanan yang tinggi, menggunakan algoritma enkripsi 3DES atau AES yang membuatnya sulit untuk diduplikat. Kartu MIFARE DESFire sering digunakan untuk akses kontrol dan kartu uang elektronik.

Sahabat Lumba, demikianlah artikel mengenai bahayanya kartu akses duplikat di apartemen. Kartu duplikat merupakan salinan dari kartu akses yang digunakan untuk berbagai keperluan. Walaupun mempermudah akses, penggunaan kartu duplikat memiliki lebih banyak kerugian daripada manfaatnya. Untuk menghindari duplikasi kartu akses oleh pihak yang tidak berwenang, disarankan untuk menggunakan kartu RFID yang terenkripsi.

Lumbatech sebagai perusahaan di bidang sistem keamanan menyediakan kartu RFID terenkripsi dan solusi sistem keamanan untuk apartemen. Selain menjual produk, Sahabat Lumba dapat berkonsultasi dengan Lumbatech mengenai sistem keamanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.. Kami berkomitmen agar Sahabat Lumba yang membeli produk sistem keamanan dari Lumbatech dapat menggunakannya dengan baik dan meminimalkan potensi masalah, baik teknis maupun non-teknis. Sahabat Lumba dapat menghubungi bagian pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 880 901.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar