Jumat, 14 Juli 2023

Perlu Tahu, Teknologi X-Ray dalam Bidang Keamanan


Sahabat Lumba, teknologi sinar-X (X-ray) tidak hanya digunakan dalam dunia medis. Di bidang keamanan, teknologi ini telah menjadi salah satu alat penting untuk mencegah dan mendeteksi potensi ancaman. Dalam artikel ini, Lumbatech akan membahas tentang penggunaan teknologi sinar-X dalam bidang keamanan, termasuk definisi, penerapan, dan dampak radiasinya. Mari kita mulai membahas teknologi sinar-X dalam bidang keamanan.

Teknologi X-Ray dalam Bidang Keamanan

Sebelum membahas teknologi sinar-X dalam bidang keamanan, mari kita bahas sedikit mengenai X-ray secara umum. sinar-X adalah teknologi yang digunakan untuk melihat bagian dalam benda atau tubuh manusia dengan menggunakan pancaran radiasi. Sinar-X ini bisa menembus benda atau tubuh, kemudian menghasilkan gambar yang menunjukkan isi di dalamnya.

Teknologi sinar-X telah lama menjadi andalan dalam bidang medis untuk menghasilkan citra internal tubuh manusia yang digunakan dalam mendiagnosis penyakit pasien. Selain itu, teknologi ini juga menjadi penunjang keamanan dengan kemampuannya untuk memeriksa isi suatu benda tanpa harus membukanya. Kehadiran sinar-X sangat penting dalam bidang keamanan karena dapat mendeteksi benda atau material tersembunyi.

Penggunaan Sinar-X dalam Bidang Keamanan

Salah satu penggunaan sinar-X untuk keamanan yang paling umum dijumpai adalah di bandara. Petugas keamanan bandara menggunakan peralatan sinar-X untuk memeriksa isi bagasi para calon penumpang guna memastikan mereka tidak membawa barang terlarang seperti senjata api, bahan peledak, narkoba, dan barang terlarang lainnya. Petugas keamanan bandara dapat memeriksa isi bagasi tanpa perlu membukanya, yang memungkinkan petugas keamanan untuk melihat apakah ada sesuatu yang mencurigakan.

Selain digunakan di bandara, sinar-X juga dapat diterapkan di tempat lainnya. Peralatan sinar-X digunakan untuk memindai bagasi dan kargo di pos perbatasan lintas negara guna mendeteksi obat-obatan terlarang, senjata, dan barang-barang terlarang lainnya. Selain itu, peralatan sinar-X juga digunakan di lembaga pemasyarakatan untuk memeriksa barang-barang yang akan masuk dengan tujuan mendeteksi benda-benda terlarang yang mungkin ada di dalam barang tersebut.

Tidak hanya itu, peralatan sinar-X juga digunakan untuk memindai barang dan pengiriman lainnya untuk mendeteksi potensi ancaman terhadap obyek vital nasional, seperti pembangkit listrik dan depo bahan bakar. Dengan sinar-X, petugas keamanan dapat dengan cepat dan efisien mengidentifikasi ancaman potensial dan mencegah kerugian yang lebih besar.

Terdapat juga peralatan sinar-X juga digunakan untuk memancarkan dosis radiasi yang tinggi ke surat atau paket yang diduga mengandung zat biologis berbahaya, contohnya virus antraks. Radiasi tersebut tidak merusak surat tersebut atau membuatnya terkontaminasi radioaktif. Namun, perlu diingat bahwa radiasi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat elektronik atau film kamera yang ada di dalam surat atau paket tersebut.

Efek Radiasi yang Ditimbulkan

Peralatan sinar X digunakan untuk memeriksa isi paket atau barang bawaan dengan menggunakan radiasi. Sahabat Lumba tidak perlu khawatir karena sumber sinar X dalam peralatan sepenuhnya dilindungi, sehingga aman saat melewati perangkat tersebut atau bagi mereka yang bekerja di sekitarnya. Di samping itu, makanan, vitamin, obat-obatan, susu, atau barang lain yang melewati perangkat sinar-X aman dikonsumsi dan digunakan oleh Sahabat Lumba.

Smiths Detection

Di pasaran, terdapat berbagai produsen peralatan X-Ray yang tersedia salah satunya Smiths Detection. Smiths Detection adalah salah satu perusahaan besar dalam teknologi pendeteksian ancaman dan screening. Smiths Detections mendesain, mengembangkan, memproduksi, dan mengintegrasikan berbagai solusi keamanan untuk pasar penerbangan, transportasi, objek vital, dan pertahanan.

Berikut adalah beberapa produk peralatan sinar-X yang diproduksi oleh Smiths Detection.

HI-SCAN 7555aTiX

Sistem pemeriksaan sinar-X HI-SCAN 7555aTiX adalah solusi canggih untuk mendeteksi bahan peledak cair dan padat dalam bagasi. Dengan tampilan ganda dan gambar beresolusi tinggi, HI-SCAN 7555aTiX mampu mendeteksi bahan peledak bahkan dalam jumlah kecil.

HI-SCAN 5030C

HI-SCAN 5030C adalah pemindai sinar-X yang ringkas dan mobile, yang ideal untuk memeriksa paket pos dan barang-barang pribadi di gedung komersial dan area publik. HI-SCAN 5030C memiliki penampil gambar beresolusi tinggi yang dapat mendeteksi berbagai objek, termasuk senjata, bahan peledak, dan obat-obatan.

CTX 9800i

CTX 9800i adalah sistem inspeksi sinar-X berkinerja tinggi untuk mendeteksi bahan peledak, senjata, dan barang selundupan lainnya yang berada di dalam kargo dan kendaraan. CTX 9800i memiliki pencitra yang kuat yang dapat membuat gambar detail dari isi kontainer kargo dan kendaraan.

Lumbatech sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sistem keamanan, melayani pengadaan peralatan sinar-X di Indonesia untuk berbagai kebutuhan. Sahabat Lumba dapat berkonsultasi dengan Lumbatech mengenai peralatan sinar-X yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Sahabat Lumba. Lumbatech selalu berkomitmen agar sistem keamanan yang kami pasang ramah digunakan untuk semua kalangan termasuk disabilitas.

Sahabat Lumba dapat menghubungi bagian pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 880 901. Lumbatech memiliki komitmen agar Sahabat Lumba yang membeli produk sistem keamanan dari Lumbatech mendapatkan produk yang berkualitas, reliable, dan pelayanan purna jual yang baik.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar