Minggu, 09 Juli 2023

Peran Software dalam Bidang Sistem Keamanan


Sahabat Lumba, kemajuan teknologi telah menembus ke segala aspek kehidupan termasuk sistem keamanan. Saat ini, sudah banyak pihak memanfaatkan teknologi dalam penggunaan sistem keamanan. Sistem keamanan memainkan peran penting dalam melindungi aset berharga dan properti sebab saat ini, banyak perusahaan dan orang menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks dan berkembang.

Sistem keamanan sendiri mengacu pada peralatan keamanan yang terpasang di suatu tempat tertentu, seperti gedung perkantoran, institusi pendidikan, pabrik, dan tempat lainnya. Jenis perangkat yang dipasang ada bermacam-macam seperti kamera pengawas, sistem manajemen pengunjung (visitor management system), dan akses kontrol. Untuk mendukung pengoperasian peralatan keamanan, produsen peralatan keamanan biasanya membuat software tertentu. Dalam artikel ini, Lumbatech akan membahas tentang software pada bidang sistem keamanan.Yuk, kita simak artikel ini.

 

Pengertian Software

Software atau perangkat lunak adalah komponen dari sebuah komputer yang dibangun dari beberapa perintah di mana pengoperasiannya menggunakan mesin komputer. Lebih lanjut lagi, software merupakan perangkat lunak yang berisi data-data yang diprogram atau disimpan dengan fungsi tertentu. Software adalah perangkat komputer yang tidak memiliki wujud.

Software dibuat oleh pengembang (developer) atau pemrogram (programmer) menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Setelah ditulis, perangkat lunak ini biasanya dikompilasi menjadi kode mesin yang dapat dimengerti oleh komputer atau perangkat lainnya.

Software dapat diinstal di komputer secara lokal atau diakses melalui internet dalam bentuk aplikasi web atau layanan berbasis cloud. Software dibuat untuk membantu pekerjaan manusia. Salah satu contohnya adalah untuk mengelola sistem perangkat keamanan seperti sistem kamera pengawasan, sistem manajemen tamu (visitor management system), sistem akses kontrol, dan lain-lain.

 

Software di Bidang Sistem Keamanan

Produsen perangkat keamanan biasanya menyediakan software yang digunakan untuk mengoperasikan dan mengatur perangkat tersebut. Seiring dengan kemajuan teknologi, perangkat keamanan juga mengalami perkembangan. Begitu juga dengan software-nya yang terus berkembang sejalan dengan kemajuan perangkat keamanan. Beberapa contoh software untuk perangkat keamanan antara lain:

Software Sistem Kamera Pengawasan

Software sistem kamera pengawasan digunakan untuk mengatur data video dari kamera keamanan serta mengelola data video dalam Digital Video Recorder (DVR) atau Network Video Recorder (NVR). Software ini biasanya dioperasikan oleh satuan pengamanan, aparat penegak hukum, dan orang-orang yang bekerja di bidang yang membutuhkan penggunaan sistem kamera pengawas. Software sistem kamera pengawasan dapat menjadi sebuah platform untuk melihat data video dari kamera dan memastikan sistem kamera pengawasan berjalan secara efisien.

Software Sistem Manajemen Tamu (Visitor Management System)

Software Visitor Management System adalah software yang digunakan untuk mengelola Visitor Management System, yang mana sistem tersebut digunakan untuk mendata dan menelusuri pengunjung yang datang ke sebuah tempat. Sistem ini menggantikan sistem manajemen pengunjung konvensional yang mengandalkan pencatatan manual untuk mencatat data pengunjung yang datang.

Software ini memiliki berbagai fitur seperti pendaftaran pengunjung, verifikasi identitas, pelacakan pengunjung, mengatur check-in dan check-out pengunjung, dan membuat laporan catatan pengunjung.

Visitor Management System memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi pengunjung yang mengunjungi ke tempat-tempat seperti perkantoran, institusi pendidikan, pergudangan, atau tempat lainnya. Visitor Management System akan meminta pengunjung untuk melakukan registrasi sebelum memasuki bangunan yang nantinya akan diberikan kartu pengenal atau metode lainnya.

Software Manajemen Sistem Akses Kontrol

Software Manajemen Sistem Akses Kontrol adalah software yang membantu pengguna untuk mengatur sistem akses kontrol mereka. Sistem akses kontrol biasanya terdiri dari berbagai perangkat seperti pembaca kartu, pemindai biometrik (sidik jari, wajah), keypad, controller, hingga perangkat pendukung seperti electromagnetic lock dan drop bolt.

Software ini biasanya memiliki fitur seperti: membuat dan mengelola akun pengguna, menetapkan izin akes, melacak access events, dan membuat laporan mengenai akses sebuah tempat.

 

Kesimpulan

Sistem keamanan telah menjadi bagian dalam melindungi aset dan properti berharga. Penggunaan software dalam bidang sistem keamanan semakin meluas dan berkembang seiring kompleksitas tantangan keamanan yang dihadapi oleh perusahaan dan individu. Software pada sistem keamanan seperti sistem kamera pengawasan, sistem manajemen tamu, dan sistem akses kontrol memainkan peran penting dalam mengoperasikan dan mengatur perangkat keamanan tersebut. Software ini dapat diinstal secara lokal atau diakses melalui internet, dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan perangkat keamanan.

Lumbatech sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sistem keamanan, menyediakan perangkat keamanan serta software perangkat keamanan untuk berbagai kebutuhan. Selain menjual itu, Sahabat Lumba dapat berkonsultasi dengan Lumbatech mengenai perangkat keamanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Sahabat Lumba. Sahabat Lumba dapat menghubungi bagian pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 880 901. Lumbatech memiliki komitmen agar Sahabat Lumba yang membeli produk sistem keamanan dari Lumbatech mendapatkan produk yang berkualitas, reliable, dan pelayanan purna jual yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar