Kamis, 13 Juli 2023

Apa Itu Custom Software dalam Sistem Keamanan?


Sahabat Lumba, kemajuan teknologi telah menembus ke segala aspek kehidupan termasuk sistem keamanan. Saat ini, sudah banyak pihak memanfaatkan teknologi dalam penggunaan sistem keamanan. Sistem keamanan memainkan peran penting dalam melindungi aset berharga dan properti sebab saat ini, banyak perusahaan dan orang menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks dan berkembang.

Sistem keamanan merujuk pada perangkat keamanan yang terpasang di lokasi tertentu, seperti kantor, lembaga pendidikan, pabrik, dan tempat lainnya. Ada berbagai jenis perangkat yang dipasang, termasuk kamera pengawas, sistem manajemen pengunjung (visitor management system), dan akses kontrol. Untuk mendukung pengoperasian perangkat keamanan ini, produsen biasanya menyediakan perangkat lunak khusus.

Namun, terkadang software yang sudah tersedia masih belum dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi hal ini adalah pembuatan custom software yang memenuhi kebutuhan pengguna yang belum dapat dipenuhi oleh software yang sudah ada. Dalam artikel ini, Lumbatech akan membahas tentang custom software dalam bidang sistem keamanan. Yuk, mari kita simak artikel ini.

 

Pengertian Custom Software

Sebelum membahas pengertian custom software, mari kita lihat pengertian software terlebih dahulu. Secara singkat, software adalah komponen dari komputer yang terdiri dari perintah-perintah untuk mengoperasikan mesin komputer. Lebih lanjut lagi, software adalah perangkat lunak yang berisi data atau program dengan fungsi tertentu. Software merupakan perangkat komputer yang tidak berwujud secara fisik.

Custom software merupakan jenis perangkat lunak yang dirancang dan dikembangkan khusus untuk pengguna tertentu, dengan tujuan menyesuaikan diri dengan kebutuhan mereka. Dalam dunia sistem keamanan, custom software diciptakan untuk mengelola perangkat tertentu atau memberikan dukungan pada kinerja perangkat lunak keamanan yang sudah ada. Custom software selalu disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan spesifik dan tidak tersedia secara off-the-shelf.

 

Custom Software di Bidang Sistem Keamanan

Custom software memang selalu disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan spesifikasi pengguna. Akan tetapi, kita tidak dapat menggeneralisasikan kebutuhan pengguna sebab setiap pengguna membutuhkan serangkaian kebutuhan khusus yang menuntut adanya sebuah solusi khusus. Terlebih lagi, dalam bidang sistem keamanan, masing-masing pengguna memiliki kebutuhan keamanan yang berbeda-beda.

Dalam bidang sistem keamanan, ada beberapa contoh dari penerapan solusi custom software dalam sistem keamanan seperti software yang dapat mengintegrasikan seluruh perangkat keamanan yang terpasang yang mana perangkat tersebut terdiri dari merek yang berbeda. Masing-masing perangkat tersebut memiliki software manajemennya tersendiri. Oleh karena itu, pengguna merasa kerepotan dalam mengelola semua perangkat keamanan tersebut. Dengan menggunakan custom software ini, pengguna dapat mengelola semua perangkat keamanan dengan lebih mudah.

Custom software dapat digunakan untuk menjembatani dua perangkat lunak yang berbeda agar dapat bekerja secara bersamaan dalam sebuah sistem. Software semacam ini, yang lebih dikenal dengan sebutan middleware, memainkan peran penting dalam integrasi sistem. 

Sebagai contoh, kita dapat memasang sistem akses kontrol pada sebuah perusahaan yang sudah memiliki sistem perangkat lunak pengunjung. Namun, untuk memastikan sistem akses kontrol dapat terintegrasi dengan sistem pengunjung tersebut, middleware hadir sebagai solusi. Middleware bertindak sebagai perantara yang meneruskan perintah dari sistem akses kontrol ke sistem perangkat lunak pengunjung, dan sebaliknya. Dengan menggunakan middleware, perusahaan dapat mencapai efisiensi yang lebih tinggi, sinkronisasi data yang lebih baik, serta keamanan yang ditingkatkan dalam pengelolaan sistem mereka.

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Custom Software

Jika sahabat Lumba sedang mempertimbangkan untuk membuat custom software untuk kebutuhan sistem keamanan, ada beberapa hal yang Sahabat Lumba harus perhatikan. Pertama, Sahabat Lumba perlu mendefinisikan kebutuhan software yang Sahabat Lumba inginkan. Apa yang Sahabat Lumba perlukan untuk membuat custom software? Fitur apa saja yang ada di dalam custom software tersebut? Bagaimana anggaran dan waktu yang tersedia dalam pembuatan software tersebut?

Setelah semua hal di atas sudah menemukan jawabannya, Sahabat Lumba mulai mencari perusahaan pengembang software untuk membuatkan custom software untuk Sahabat Lumba. Sangat penting bagi Sahabat Lumba untuk melakukan riset untuk menemukan pengembang yang cocok untuk membuat custom software untuk Sahabat Lumba

Proses pengembangan custom software dalam security system merupakan proses yang kompleks sekaligus menantang, tapi hasil yang didapatkan akan sangat memuaskan. Jika Sahabat Lumba mampu membuat perencanaan yang matang dan menemukan pengembang yang tepat, Sahabat Lumba akan mendapatkan custom software yang akan memenuhi seluruh kebutuhan dan membantu Sahabat Lumba mencapai tujuan keamanan yang diinginkan.

Lumbatech sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sistem keamanan, melayani pembuatan custom software di bidang sistem keamanan terbaik di Indonesia untuk berbagai kebutuhan. Selain menjual custom software, Sahabat Lumba dapat berkonsultasi dengan Lumbatech mengenai perangkat keamanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Sahabat Lumba. Lumbatech selalu berkomitmen agar sistem keamanan yang kami pasang ramah digunakan untuk semua kalangan termasuk disabilitas.

Sahabat Lumba dapat menghubungi bagian pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 880 901. Lumbatech memiliki komitmen agar Sahabat Lumba yang membeli produk sistem keamanan dari Lumbatech mendapatkan produk yang berkualitas, reliable, dan pelayanan purna jual yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar