Senin, 12 Juni 2023

Digital Door Lock: Sejarah, Perkembangan, dan Keuntungannya

 


Digital door lock telah mengubah cara kita dalam mengamankan rumah dan properti kita dari masa ke masa. Ditinjau dari sejarahnya, digital door lock merupakan pengembangan dari kunci yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Digital door lock semakin populer dalam beberapa tahun terakhir karena fitur-fitur yang ditawarkan serta kemudahan dalam penggunaannya.

Sejarah digital door lock dapat ditelusuri dari dekade 1970-an ketika Tor Sørnes, seorang penemu asal Norwegia, menemukan kunci pintu tanpa kunci yang bekerja secara elektronik. Penemuan Sørnes tersebut disebut VingCard, menggunakan kartu strip magnetik yang berbentuk mirip dengan kartu ATM untuk membuka dan mengunci pintu. Door lock ini digunakan pertama kali di Hotel The Westin Peachtree Plaza di Atlanta, Amerika Serikat. Keberhasilan ini kemudian memicu lebih banyak lagi penelitian mengenai teknologi kunci dan keamanan untuk pengembangan digital door lock.

Pada tahun 1980-an, beberapa perusahaan seperti Siemens dan Kaba, mengembangkan tipe door lock yang menggunakan kombinasi kartu strip magnetik dan tombol numerik (numeric keypad) untuk memberikan akses masuk pada penggunanya. Awalnya, door lock ini digunakan di hotel saja, kemudian berkembang untuk pemakaian di tempat lain karena keamanan dan kenyamanannya.

Baru pada tahun 1990-an, teknologi pada door lock semakin berkembang. Pada dekade tersebut, muncul digital door lock dan produk tersebut mulai menarik perhatian para konsumen retail. Berbagai fitur baru diintegrasikan ke dalam digital door lock seperti sensor biometrik (pemindai sidik jari dan retina). Selain itu, kemunculan teknologi nirkabel, yang memungkinkan pemasangan digital door lock tanpa memerlukan pemasangan kabel secara ekstensif menambah ketertarikan pasar pada produk digital door lock. Beberapa perusahaan seperti Kwikset dan Schlage mulai mengembangkan digital door lock yang dapat dipasang di pintu rumah tinggal.

Digital door lock awalnya memiliki desain dan fungsi yang relatif sederhana akan tetapi untuk tingkat keamanannya lebih superior daripada kunci pintu konvensional. Namun, seiring berjalannya waktu, digital door lock terus berkembang dan teknologinya menjadi semakin canggih. Model-model saat ini sering menyertakan fitur seperti pemindaian biometrik, kontrol akses dengan remote control, konektivitas Bluetooth, bahkan modul internet yang memungkinkan digital door lock dapat diakses dari mana saja menggunakan komputer dan telepon pintar.

Saat ini, telah hadir berbagai macam model digital door lock yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna, mulai dari model sederhana hingga model dengan fitur yang sangat canggih. Dengan adanya banyak pilihan tersebut, pengguna dapat memilih digital door lock yang tepat untuk rumah atau properti mereka.

Di Indonesia sendiri, penggunaan digital door lock semakin populer karena menawarkan kemudahan dalam mengatur akses masuk untuk penghuni rumah dan tamu yang datang berkunjung. Saat ini, digital door lock lebih banyak digunakan oleh kalangan menengah ke atas di perkotaan karena faktor biaya yang relatif lebih mahal dari kunci pintu konvensional. Meskipun demikian, saat ini mulai muncul model model digital door lock dengan harga lebih terjangkau. ditambah meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan rumah dan properti. Tidak menutup kemungkinan penggunaan digital door lock akan semakin meluas di masa depan.

Digital door lock telah mengalami perkembangan teknologi yang signifikan dengan berbagai fitur keamanan dan kemudahan dalam hal akses. Di Indonesia ini, digital door lock masih lebih banyak digunakan di kalangan menengah ke atas di perkotaan. Namun, semakin semakin meningkatnya kesadaran masyarakat atas keamanan rumah dan properti serta makin banyak model digital door lock di pasaran, penggunaan digital door lock dapat semakin meluas di masa depan.

Jika Sahabat Lumba memerlukan konsultasi atau ingin membeli digital door lock yang sesuai dengan kebutuhan, silakan hubungi nomor WA kami di 0811-880-901 atau kunjungi website Lumbatech di www.lumbatech.com. Lumbatech siap membantu Sahabat Lumba dalam memilih dan memasang digital door lock yang sesuai dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar