Senin, 05 Juni 2023

6 Tips Memasang CCTV yang Efektif dan Tidak Asal-Asalan

 


Memasang CCTV di properti bermanfaat untuk keamanan dan membantu mencegah kejahatan. Namun, manfaat itu bisa hilang apabila dipasang secara asal asalan. Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan untuk memastikan pemasangan CCTV yang efektif sehingga akan membawa manfaat bagi Sahabat Lumba.

Berikut 6 tips agar tidak memasang CCTV secara asal asalan:

1. Tentukan area yang akan direkam

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa Sahabat Lumba telah menentukan area yang membutuhkan pengawasan, seperti pintu masuk, lobby, area parkir, atau ruangan lainnya. Penting untuk memastikan bahwa area yang dipilih tidak melanggar privasi orang lain, seperti kamar mandi atau kamar tidur, dan tidak merekam area yang tidak diperlukan.

2. Tentukan jenis kamera CCTV yang tepat

Setelah menentukan area yang akan direkam, pilihlah jenis CCTV yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis kamera CCTV yang tersedia di pasaran seperti kamera CCTV analog, kamera CCTV IP, atau kamera CCTV wireless. Pastikan juga bahwa kamera yang akan dipasang sudah sesuai dengan kebutuhan, anggaran, dan lingkungan di mana kamera CCTV akan dipasang.

3. Pasang kamera CCTV dengan benar

Untuk memastikan bahwa CCTV dapat merekam dengan baik dan memenuhi persyaratan yang ada, pemasangan CCTV harus dilakukan dengan benar sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pabrikan. Penting untuk diingat bahwa kerusakan pada kamera CCTV yang disebabkan oleh kesalahan pemasangan dapat menyebabkan kehilangan garansi dari pabrik. Selain itu, pastikan bahwa kamera CCTV terpasang dengan aman dan tidak mudah dicuri atau dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Atur sistem perekaman dan penyimpanan

Setiap kamera CCTV memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, mulai dari resolusi hingga kualitas video yang dihasilkan. Hal ini akan mempengaruhi ukuran video yang akan disimpan. Oleh karena itu, sebelum memasang kamera CCTV, Sahabat Lumba perlu memperkirakan kapasitas perangkat penyimpanan yang akan dibutuhkan. Pastikan juga bahwa kamera CCTV dapat merekam dengan jelas dan penyimpanan data video dilakukan secara aman dan teratur.

5. Rencanakan anggaran

Untuk mencegah terjadinya biaya yang berlebihan, Sahabat Lumba perlu membuat rencana anggaran yang matang sebelum memulai pemasangan kamera CCTV. Pemasangan kamera CCTV memerlukan berbagai material selain kamera CCTV dan perangkat NVR, seperti kabel power tambahan, kabel UTP, pipa conduit, bahkan mungkin perlu menyewa alat penunjang seperti scaffolding jika pemasangan dilakukan di tempat yang sangat tinggi. Pastikan untuk memperhitungkan semua biaya yang diperlukan agar rencana anggaran tetap terkendali.

6. Junjung tinggi etika dan hukum

Sebelum memasang kamera CCTV, Sahabat Lumba perlu berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait untuk menjelaskan tujuan dari pemasangan CCTV tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman dan konflik yang dapat timbul akibat pemasangan CCTV. Orang-orang di daerah yang dipasang CCTV juga perlu merasa nyaman tanpa khawatir diawasi secara ketat.

Namun, bukan hanya itu saja. Sahabat Lumba perlu memperhatikan hukum yang berlaku. Penempatan kamera CCTV di tempat yang tidak semestinya, seperti kamar mandi, dapat berpotensi menimbulkan masalah hukum karena melanggar privasi seseorang. Oleh karena itu, perhatikan penempatan CCTV agar tidak melanggar hukum.

Lumbatech menyediakan berbagai jenis kamera CCTV dari berbagai tipe dan merk. Lumbatech telah dipercaya selama 8 tahun memasang kamera CCTV di berbagai tempat di Indonesia. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami jika Sahabat Lumba membutuhkan kamera CCTV yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Sahabat Lumba. Sahabat Lumba dapat  menghubungi bagian marketing Lumbatech melalui nomor WA 0811 880 901 untuk melakukan pembelian atau berkonsultasi lebih lanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar