Senin, 12 Juni 2023

Awas Dapat Kabel UTP Palsu! Bagaimana Cara Membedakannya?

 


Keberadaan kabel UTP palsu di pasaran menjadi ancaman bagi para konsumen, utamanya bagi mereka yang tidak terbiasa membeli kabel UTP. Membedakan kabel UTP asli dan palsu menjadi tantangan tersendiri karena masih ada konsumen yang belum teredukasi mengenai perbedaan kabel asli dengan kabel yang palsu. Berbeda halnya dengan konsumen yang sudah teredukasi. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara kabel UTP asli dan palsu sebelum membeli.

Sayangnya, di pasaran ada banyak beredar kabel UTP palsu yang dijual dengan harga yang lebih miring dibandingkan kabel asli. Hal ini tentu akan merugikan konsumen awam yang ingin membeli kabel UTP. Lalu, bagaimana caranya menghindari kabel UTP palsu? Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk membedakan kabel UTP asli dengan palsu.

1. Periksa harga kabel

Membandingkan harga adalah cara termudah untuk membedakan kabel UTP asli dengan yang palsu. Kabel UTP asli biasanya lebih mahal dibandingkan dengan kabel UTP palsu. Oleh karena itu, jika menemukan kabel UTP yang dijual dengan harga yang terlalu murah, bisa jadi itu adalah kabel UTP palsu.

2. Periksa kemasan kabel

Selain melihat harga, memeriksa kemasan kabel juga dapat membantu konsumen untuk membedakan kabel UTP asli dan palsu. Kabel UTP asli biasanya dikemas dalam kemasan yang berkualitas baik serta spesifikasi kabel tercetak jelas pada kemasan kabel tersebut. Beberapa merk juga menambahkan semacam penanda khusus untuk membuktikan keaslian kabel tersebut.

3. Perhatikan bahan tembaganya

Kabel UTP asli menggunakan bahan inti kabel yang terbuat dari 100% tembaga murni. Sedangkan, kabel UTP palsu menggunakan tembaga yang dicampur dengan logam lain sehingga memiliki performa yang lebih buruk dalam menghantarkan sinyal dibandingkan dengan tembaga murni. Hal ini dapat mempengaruhi kecepatan jaringan. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa bahan tembaga yang digunakan untuk memastikan keaslian kabel tersebut.

4. Perhatikan kulit luar kabel dan marking pada kulit kabel

Kulit luar pada kabel UTP asli terlihat lebih padat dan tidak terlihat longgar antara kabel dalam dan kulit luar kabel. Hal ini tidak ditemukan pada kabel UTP palsu. Selain itu, marking yang tercetak pada kulit luar kabel terlihat sangat jelas pada kabel yang asli. Berbanding terbalik dengan kabel UTP palsu yang biasanya tidak terlihat begitu jelas.

Ketika membeli kabel UTP, sangat penting untuk memilih kabel asli dan berkualitas tinggi agar jaringan dapat berjalan dengan lancar dan stabil. Selain itu, pastikan juga bahwa kabel UTP tersebut telah bersertifikasi untuk memastikan bahwa kabel tersebut sesuai dengan standar internasional. Salah satu sertifikasi kabel UTP yang diakui secara internasional adalah sertifikasi dari UL (Underwriters Laboratories) atau ETL (Electrical Testing Laboratiories)

Dengan memperhatikan hal hal di atas, konsumen diharapkan dapat terhindar dari membeli kabel UTP palsu serta memastikan jaringan dapat berjalan dengan sangat baik.

Lumbatech menyediakan berbagai jenis kabel UTP asli dari berbagai merk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Sahabat Lumba. Bagi Sahabat Lumba yang membutuhkan informasi mengenai produk atau jasa, silakan menghubungi di nomor WA 0811880901 atau kunjungi situs Lumbatech.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar