Selasa, 22 Agustus 2023

Waspada Aksi Pengutilan di Toko! Yuk, Cari Tahu Modus dan Solusinya

 

Salah satu masalah keamanan yang ditakuti oleh para pemilik toko adalah pengutilan atau shoplifting. Pengutilan dapat menyebabkan kerugian besar, terutama dari segi finansial karena tindakan para pelaku yang mengambil barang-barang yang dijual tanpa membayar. Untuk mengatasi masalah ini, pemasangan sistem keamanan canggih bisa menjadi solusi.

Sahabat Lumba, artikel ini akan menyajikan apa itu mengutil, modus operandi yang sering dipakai, sampai solusi sistem keamanan untuk mencegah pengutilan. Yuk, kita simak bersama.

Apa Itu Mengutil?

Mengutil adalah mengambil barang di toko tanpa izin dari penjual atau pemiliknya. Biasanya, pelaku beraksi dengan cara menyembunyikan barang-barang yang diambil di dalam kantong, pakaian, atau tas, lalu keluar dari toko tanpa membayar. Untuk barang seperti pakaian biasanya dilakukan pelaku dengan cara memakai baju itu dan langsung pergi tanpa bayar.

Pengutilan sering terjadi di toko-toko di seluruh dunia. Aksi ini dapat menyebabkan kerugian hingga puluhan juta, ratusan juta, bahkan milyaran rupiah.. Oleh karena itu, untuk melindungi toko dari tindakan mengambil barang tanpa izin, langkah yang perlu diambil adalah memasang sistem keamanan yang efektif dan efisien.

Modus Operandi yang Sering Dilakukan Pengutilan

Umumnya, aksi pengutilan di dalam toko bisa terjadi baik secara individu maupun berkelompok. Para pelaku seringkali memakai berbagai cara untuk melancarkan aksi mereka, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Memasukkan Barang ke dalam Baju

Pengutilan ini dilakukan dengan cara memasukan barang-barang dari etalase toko ke dalam kantong atau tas yang tersembunyi di dalam pakaian. Biasanya, pelaku sudah mengaturnya sedemikian rupa agar tidak terlalu mencolok jika terlihat dari luar.

Pengutilan yang Dilakukan oleh Komplotan

Biasanya, modus operandi yang digunakan adalah ketika salah satu orang mengutil tindakannya, anggota lainnya berperan dalam mengalihkan perhatian petugas toko yang tengah berjaga seperti meminta bantuan untuk mengambil barang tertentu atau berbincang-bincang, sehingga perhatian staf toko dapat teralihkan.

Menyembunyikan Barang di Badan

Cara ini dilakukan dengan menyembunyikan produk curian di tubuh si pencuri, misalnya di antara paha atau perut. Umumnya, pelaku pencurian ini berpura-pura menjadi seorang wanita hamil.

Sistem Keamanan untuk Mencegah Pengutilan

Pengutilan dapat dicegah untuk mencegah kerugian bagi toko serta meningkatkan keamanan toko. Dalam sebuah sistem keamanan untuk toko, ada beberapa caranya seperti:

Memasang CCTV

Memasang CCTV adalah cara yang paling banyak digunakan untuk mencegah pengutilan. Dengan memasang kamera CCTV, pemilik toko dapat mengawasi segala aktivitas berbagai sudut toko secara real time bahkan saat toko sedang tutup sekalipun. Adanya CCTV juga memberikan rasa aman kepada pengunjung yang sedang berbelanja.

Rekaman yang diambil oleh kamera CCTV dapat dipakai sebagai bukti dalam penyelidikan dan proses hukum kasus pengutilan. Keberadaan kamera CCTV terpasang juga memiliki dampak psikologis yang kuat, membuat calon pelaku bisa berpikir dua kali sebelum mengutil.

Memasang Tag EAS (Electronic Article Surveillance) pada Barang

Tag EAS adalah jenis tag atau label yang dipasang pada barang dagangan. Tag ini hanya bisa dilepas oleh kasir saat melakukan proses pembayaran. Jika tag ini tidak dilepas maka akan memicu alarm ketika melewati sensor yang terletak di pintu masuk dan keluar toko. Biasanya, tag EAS dipasang pada barang-barang target pencurian seperti contoh pakaian.

Menggunakan perangkat Radio-frequency identification (RFID)

Teknologi RFID digunakan sebagai alat anti pengutilan di beberapa jaringan supermarket besar. Ketika suatu barang dengan tag RFID melintasi sensor pada pintu keluar toko, sistem alarm peringatan akan diaktifkan. Selain itu, sistem juga akan memberitahu karyawan toko mengenai barang yang dicurigai telah diambil oleh pengunjung.

Sahabat Lumba dapat berkonsultasi dengan LumbaTech untuk solusi sistem keamanan toko yang cocok dengan kebutuhan dan situasi toko Sahabat Lumba. LumbaTech selalu berkomitmen bahwa produk dan jasa yang disediakan dapat digunakan dengan nyaman oleh semua kalangan, termasuk mereka disabilitas.

Apabila Sahabat Lumba ingin dapat info lebih lanjut, silakan hubungi tim pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 881 901. LumbaTech berkomitmen bahwa Sahabat Lumba yang membeli produk sistem keamanan dari LumbaTech akan mendapatkan produk asli, berkualitas tinggi, handal, dan after sales yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar