Jumat, 18 Agustus 2023

Sahabat Lumba, ada yang tahu mengapa instalasi kabel harus rapi? Meskipun mungkin terdengar sepele, pertanyaan ini sebenarnya memiliki pengaruh besar yang tidak bisa diabaikan. Cara dan seberapa rapi dalam melakukan instalasi kabel bisa berpengaruh besar saat kabel-kabel tersebut sudah digunakan di kemudian hari. Oleh karena itu, penting untuk memberikan perhatian serius agar instalasi kabel dapat berjalan dengan optimal.

Tercatat ada beberapa kecelakaan akibat instalasi kabel yang sembarang bisa berakibat serius, seperti contoh kecelakaan lalu lintas tunggal akibat kabel melintang di tengah jalan, tersengat listrik karena kabel terkelupas dan bersentuhan dengan genangan air, dan yang lebih baru, seorang mahasiswa mengalami cedera di bagian leher akibat kabel fiber optik yang menjuntai di jalan.

Artikel ini akan membahas mengapa instalasi jaringan perkabelan yang benar begitu penting dan memberikan beberapa kiat-kiat tentang bagaimana melakukan instalasi kabel dengan baik dan benar.

Alasan-alasan Mengapa Penting Instalasi Kabel Harus Benar

Instalasi kabel adalah bagian yang paling penting dalam instalasi sistem kelistrikan, jaringan internet, serta jaringan lainnya. Sangat penting bagi Sahabat Lumba untuk memastikan instalasi kabel terpasang dengan baik karena berbagai alasan seperti keamanan, aksesibilitas, reliability, performa, kemudahan troubleshooting, serta kemungkinan ekspansi jaringan kabel di masa mendatang.

Keamanan

Jaringan kabel yang tidak dipasang secara benar dapat berbahaya bagi penggunanya. Contohnya, kabel yang tidak diberikan pipa akan mudah rusak akibat hewan pengerat seperti tikus yang memakan lapisan pembungkus kabel. Ini akan mengakibatkan terjadinya korsleting listrik akibat kabel terkelupas.

Aksesibilitas

Aksesibilitas adalah hal yang wajib menjadi pertimbangan saat membangun sebuah jaringan perkabelan. Ini untuk memastikan instalasi perkabelan dapat digunakan bagi semua orang termasuk difabel, orang lanjut usia, dan juga anak kecil. Contohnya, penempatan ketinggian  stop kontak listrik dari atas lantai agar pengguna kursi roda dapat menjangkaunya tanpa merasa kesulitan.

Reliability

Kabel yang dipasang dengan benar tidak akan mudah rusak dan dapat memberikan koneksi yang baik. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi penggunaan rumahan maupun juga penggunaan bisnis. Selain itu, jaringan kabel yang reliable dapat menghemat uang dalam penggunaan jangka panjang. Ketika kabel tidak dipasang dengan baik maka kabel akan mudah rusak yang akan mengganggu aktivitas pengguna jaringan kabel tersebut.

Performa

Kabel yang dipasang dengan benar dapat meningkat performanya, karena masalah seperti gangguan sinyal dan hilang sinyal dapat diminimalisir dari awal sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kinerja yang lebih baik. Ketika kabel tidak terpasang dengan benar akan mengakibatkan bottleneck yang membuat perpindahan data menjadi lambat.

Mempermudah troubleshooting

Dalam instalasi jaringan perkabelan yang baik, terdapat berbagai kegiatan seperti labelling, pencatatan arah tarikan kabel, dan lain sebagainya. Ini wajib dilakukan agar jika sewaktu-waktu terjadi permasalahan pada jaringan kabel, maka akan mudah bagi teknisi untuk melakukan troubleshooting.

Ekspansi jaringan kabel

Jaringan yang dipasang kabel dengan benar akan memudahkan untuk meningkatkan atau memperluas jaringan perkabelan, karena kecil kemungkinan kabel menjadi rusak setelah sekian lama pemakaian. Kabel-kabel yang sudah terpasang akan sulit untuk dilepas atau diganti apabila kabel tidak dipasang dengan benar, sehingga akan menyulitkan meningkatkan atau memperluas sistem.

Kiat-kiat Instalasi Kabel

Gunakan pelindung kabel

Salah satu cara untuk membuat kabel-kabel awet dan dapat digunakan dalam waktu lama adalah menggunakan pelindung kabel yang membuat kabel dapat bertransmisi dengan baik dan terlindungi dari pengaruh luar seperti gigitan hewan pengerat dan perubahan suhu yang membuat lapisan pelindung kabel menjadi mudah rusak. Selain itu, kabel akan terlindungi lebih baik dari kejadian pencurian kabel karena pelindung kabel akan menyulitkan pencuri untuk memotong kabel. Ada beberapa jenis pelindung kabel yang bisa digunakan seperti pipa conduit, selang fleksibel, cable duct, dan lain-lain.

Dalam melakukan instalasi kabel, Lumbatech memanfaatkan pipa conduit Lumbatech saat melakukan instalasi kabel, memanfaatkan pipa conduit tipe high impact terbaik guna memberikan perlindungan optimal pada kabel yang sudah dipasang. Pipa conduit ini terkenal tahan terhadap benturan dan api, tidak mudah penyok, serta sifatnya yang fleksibel sehingga dapat ditekuk hingga 90 derajat.

Hindari menempatkan kabel melebihi kapasitas

Selain menyebabkan kabel putus, isolasi rusak, dan kebocoran sinyal, menyatukan terlalu banyak kabel listrik dalam satu tempat dapat menimbulkan panas berlebih dan bahaya kebakaran. Ini disebabkan karena kabel tidak memiliki ruang yang cukup bagi udara supaya dapat bersirkulasi dengan baik dan pembuangan panas akibat transmisi bisa berjalan efektif.

Tidak hanya mengakibatkan kabel terputu, kerusakan isolasi, dan kehilangan sinyal, menggabungkan banyak kabel listrik dalam satu tempat dapat menimbulkan peningkatan suhu yang berlebihan serta meningkatkan risiko bahaya kebakaran. Hal ini terjadi karena kurangnya ruang kosong memadai untuk sirkulasi udara, serta kendala dalam membuang panas yang dihasilkan dari transmisi secara efektif.

Memasang Kabel dengan Rapi

Kabel yang dipasang dengan teratur dapat meminimalkan potensi bahaya, terutama bagi difabel, lansia, anak kecil, dan lain sebagainya. Pemasangan kabel yang teratur akan mencegah berbagai kecelakaan seperti tersandung, tercekik, atau tersengat listrik. Sahabat Lumba dapat menggunakan cable ties agar dapat memasang kabel secara rapi dengan efektif dan efisien.

Lakukan labelling dan dokumentasi

Melakukan labelling dan dokumentasi akan membantu mempermudah identifikasi serta perbaikan saat terjadi permasalahan pada jaringan kabel, terutama masalah terjadi pada area dengan jumlah kabel dalam jumlah yang banyak. Labelling dan dokumentasi akan membantu Sahabat Lumba dalam menemukan kabel dengan lebih cepat dan efisien.

Berkonsultasi dengan ahli

Sahabat Lumba dapat berkonsultasi dengan teknisi yang telah berpengalaman dalam merancang dan menginstalasi sistem jaringan kabel. Teknisi berpengalaman mampu merancang bagaimana instalasi sistem jaringan kabel yang baik sehingga aman digunakan oleh semua orang. Selain itu, Sahabat Lumba juga dapat berkonsultasi dengan pengguna difabel agar sistem perkabelan dapat aman digunakan oleh pengguna difabel.

Sahabat Lumba bisa berkonsultasi dengan LumbaTech untuk solusi instalasi kabel yang cocok dengan kebutuhan dan situasi di lapangan. LumbaTech selalu berkomitmen bahwa produk dan jasa yang LumbaTech sediakan dapat digunakan dengan nyaman oleh semua kalangan, termasuk disabilitas.

Jika Sahabat Lumba mau tahu lebih lanjut, hubungi tim pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 880 901. LumbaTech berkomitmen bahwa Sahabat Lumba yang membeli produk sistem keamanan dari LumbaTech akan mendapatkan produk asli, berkualitas, bisa diandalkan, dan after sales yang baik.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar