Senin, 14 Agustus 2023

Menjaga Keamanan dan Efisiensi dengan Lift Management System untuk Apartemen


Untuk menjadikan sebuah apartemen nyaman dihuni, manajemen apartemen perlu meningkatkan aspek-aspek seperti keamanan, pelayanan kepada penghuni, kebersihan, lingkungan, dan aspek lainnya.

Di antara aspek-aspek tersebut, keamanan adalah aspek yang paling penting. Keamanan merupakan salah satu poin yang sangat dipertimbangkan oleh penghuni dalam menempati sebuah apartemen, baik keamanan diri mereka maupun keamanan harta benda mereka. Sistem akses kontrol apartemen merupakan salah satu cara yang dapat diambil oleh manajemen apartemen untuk memastikan keamanan area apartemen. Ada banyak komponen penting dalam sistem akses kontrol apartemen, yaitu lift management system.

Sebagai komponen vital dalam sistem akses kontrol apartemen, lift management system berperan dalam menjaga keamanan akses masuk di setiap lantai apartemen.

Artikel ini akan membahas tentang lift management system untuk apartemen. Selain itu, artikel ini akan membahas bagaimana sistem ini beroperasi, perangkat yang terlibat, dan alasan mengapa apartemen memerlukan lift management system. Sahabat Lumba, yuk kita bahas.

Apa Itu Lift Management System?

Lift Management System merupakan bagian dari sistem akses kontrol pada lift gedung apartemen. Fungsinya mencakup mengontrol serta memantau akses masuk dan keluar pengguna lift. Selain itu, sistem ini juga memfasilitasi pengaturan akses ke lantai-lantai tertentu. Misalnya, penghuni hanya diizinkan menggunakan lift untuk mencapai lantai tempat apartemennya berada atau staf manajemen apartemen memiliki akses menyeluruh ke seluruh lantai guna melakukan perawatan gedung dengan lebih efisien.

Bagaimana Lift Management System Bekerja?

Cara kerja sistem ini berbeda-beda tergantung dengan merek dan tipe spesifik sistem yang diinstal. Meski demikian, lift management system secara umum bekerja dengan memeriksa kredensial pengguna sebelum menggunakan lift dan pengguna hanya dapat menggunakan lift untuk menuju ke lantai tertentu sesuai dengan pengaturan di sistem akses kontrol.

Perangkat yang Ada Dalam Lift Management System

Dalam sistem pengelolaan lift, terdapat beberapa perangkat yang dipasang di dalam lift  seperti reader, tombol kontrol lift, dan modul yang terhubung sistem dengan kontrol akses serta sistem lift. Semua komponen ini terintegrasi dengan sistem di dalam lift, memberikan keamanan dan efisiensi yang lebih baik.

Reader berfungsi sebagai perangkat untuk membaca kredensial berupa kartu RFID, biometrik, keypad, atau kombinasi dari ketiganya. Reader ini berperan dalam membaca kredensial yang dimiliki oleh penghuni maupun staf manajemen apartemen. Modul tambahan berfungsi sebagai penghubung antara sistem akses kontrol dan sistem lift. Sistem akses kontrol gedung akan menentukan apakah pengguna tersebut diperbolehkan menggunakan lift atau tidak serta lantai yang pengguna dapat mengaksesnya. Terakhir, modul tambahan sebagai penghubung antara sistem akses kontrol dengan sistem lift. Modul ini akan memberi perintah kepada sistem lift agar sesuai dengan perintah dari sistem akses kontrol.

Mengapa Sebuah Apartemen Membutuhkan Lift Management System?

Apartemen merupakan salah satu jenis tempat tinggal selain rumah. Secara fisik, apartemen mirip dengan rumah, tetapi memiliki beberapa perbedaan penting. Mirip dengan rumah, apartemen menyediakan ruang bagi seseorang atau keluarga untuk tinggal dalam periode waktu yang panjang.

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dari lift management system. Pertama, dapat mengurangi waktu penggunaan dari sebuah lift. Ketika menggunakan lift management system, lift hanya dapat digunakan untuk mencapai lantai tertentu. Berbeda dengan lift tanpa sistem ini yang membuat lift banyak berhenti di banyak lantai untuk masuk keluar orang. Manfaat ini akan membuat umur pemakaian lift dapat lebih panjang.

Kedua, dengan menggunakan lift management system dapat memastikan hanya penghuni dan staf manajemen apartemen yang dapat menggunakan lift di gedung apartemen. Dengan sistem ini, pengaturan akses dapat terkontrol dengan lebih baik. Hanya orang yang diberi akses yang dapat menggunakan lift yang akan berdampak pada lingkungan yang menjadi lebih aman dan teratur.

Ketiga, lift management system mencegah kabin lift menjadi penuh sesak. Manajemen apartemen dapat memprogram sistem agar hanya membawa pengguna ke lantai tertentu saja sehingga waktu yang dibutuhkan oleh lift untuk naik dapat lebih efisien sehingga mencegah lift penuh sesak oleh orang-orang.

Terakhir, lift management system dapat terintegrasi dengan sistem keamanan lainnya seperti sistem kamera CCTV, sistem alarm, dan sistem-sistem keamanan lainnya.Integrasi ini membuat keamanan gedung apartemen menjadi lebih baik lagi.

LumbaTech menyediakan solusi lift management system, perangkat-perangkatnya, instalasi sistem, serta konsultasi dengan untuk mendapatkan solusi sistem keamanan yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi di lapangan. LumbaTech selalu berkomitmen untuk memastikan bahwa produk dan jasa yang LumbaTech sediakan dapat digunakan dengan nyaman oleh semua kalangan, termasuk disabilitas.

Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat Lumba dapat menghubungi bagian pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 880 901. Kami berkomitmen bahwa Sahabat Lumba yang membeli produk sistem keamanan dari LumbaTech akan mendapatkan produk asli, berkualitas, handal, serta pelayanan purna jual yang baik.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar