Senin, 28 Agustus 2023

Seperti Apa Sistem Keamanan Rumah yang Ramah Disabilitas?


Sahabat Lumba, sistem keamanan rumah ramah disabilitas sudah menjadi kebutuhan. Terlebih lagi, bagi Sahabat Lumba yang memiliki keluarga atau teman penyandang disabilitas.

Aksesibilitas dan keamanan adalah aspek penting dalam merancang sistem keamanan rumah. Menjaga keamanan dan memberikan aksesibilitas yang mudah bagi disabilitas sudah menjadi tantangan tersendiri. 

Lantas, seperti apa sistem keamanan rumah yang ramah disabilitas? Lalu, apa saja rekomendasi perangkat yang cocok untuk sistem keamanan rumah ramah difabel?

Sistem Keamanan Rumah yang Ramah Disabilitas

Sistem keamanan rumah yang ramah disabilitas dirancang agar mudah digunakan oleh teman-teman difabel. Sistem ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan akses dan pengoperasian bagi teman-teman difabel.

Pembuatannya bertujuan mengatasi tantangan yang dihadapi oleh difabel dalam aktivitas sehari-hari mereka. Sebab, tidak mudah bagi mereka untuk mendapatkan peringatan dari sistem keamanan pada umumnya. Kebanyakan sistem keamanan dibuat dan dipasang untuk non-difabel.

Sebagai ilustrasi, alarm kebakaran dengan suara keras mungkin kurang efektif bagi teman-teman tunarungu. Selain itu,  teman-teman tunadaksa kesulitan menggunakan bel rumah. Mereka harus berdiri dari kursi roda hanya untuk menekan bel.

Keadaan seperti ini tidak hanya menyulitkan, melainkan juga membahayakan bagi teman-teman difabel. Ketidakmampuan mereka dalam merespons situasi berbahaya dengan cepat seperti yang lain menjadi penyebabnya.

Sistem keamanan rumah perlu lebih inklusif terhadap disabilitas. Oleh karena itu, teman-teman difabel merasa lebih aman dan leluasa menghadapi situasi darurat.

Rekomendasi Perangkat untuk Sistem Keamanan Rumah Ramah Disabilitas

Sahabat Lumba perlu tahu bahwa setiap jenis disabilitas memiliki kebutuhan perangkat yang berbeda.  Berikut rekomendasi perangkat sistem keamanan rumah berdasarkan disabilitasnya. Sebagaimana yang diuraikan berikut ini: 

Tunarungu

- Bel pintu pintar

 Perangkat ini digunakan untuk melihat siapa yang berada di depan pintu. Bel pintu pintar terdiri dari: bel, kamera, layar monitor, speaker, dan mikrofon. Teman-teman tunarungu dapat berkomunikasi dengan membaca bibir berkat adanya komponen-komponen tersebut. 

- Kamera CCTV

Kamera CCTV membantu dalam pengawasan rumah. Dengan memasang kamera di sudut-sudut rumah, teman-teman tunarungu dapat mengawasi rumah dengan mudah. Saat ini, kamera CCTV sudah bisa terhubung dengan smartphone. Fitur ini memungkinkan untuk melihat rekaman kamera dari mana saja.

- Sensor gerakan

Perangkat ini memudahkan teman tunarungu agar tetap waspada dengan keadaan di sekitar rumah. Sensor gerakan akan memberi tahu jika seseorang memasuki rumah atau berjalan-jalan di sekitarnya. Sebab, mereka tidak perlu sering-sering bergerak untuk memeriksa setiap pintu dan jendela rumah.

- Sistem alarm pintar

Sistem alarm berguna untuk memperingatkan penghuni rumah saat terjadi aksi kriminal atau kebakaran. Sistem ini menggunakan teknologi Internet of Things untuk terhubung dengan perangkat lainnya. Teman tunarungu dapat mengendalikan sistem ini dengan bantuan smartphone atau tablet

Tunadaksa

- Kunci pintu pintar

Kunci pintu pntar mempermudah dalam mengontrol akses keluar masuk rumah. Tidak hanya memberikan akses kepada tamu saja. Kunci pintu pintar mencatat siapa saja yang masuk dan keluar dari rumah.

Beberapa kunci pintu pintar memiliki berbagai fitur canggih yang bermanfaat untuk tunadaksa, seperti:

1. sensor untuk membuka kunci pintu secara otomatis saat penghuni masuk ke dalam rumah;

2. fitur pengunci otomatis, dan;

3. sensor kebakaran yang membuka pintu secara otomatis saat terjadi kebakaran.

- Bel pintu pintar

Perangkat dapat membantu teman-teman tunarungu dalam berkomunikasi dengan orang di depan pintu. Bel pintu pintar dilengkapi dengan mikrofon dan speaker yang mempermudah komunikasi. Teman-teman tunarungu tidak perlu bangkit dari kursi roda berkat adanya komponen-komponen tersebut.

Beberapa produsen telah menyertakan remote control dalam satu paket pembelian perangkat. Benda ini sangat bermanfaat dalam mengontrol perangkat. Manfaatkan juga fitur perintah suara jika tersedia.

Tunanetra

- Sistem alarm pintar

Sistem ini memberi peringatan lewat sirene  jika terjadi kebakaran atau tindakan kriminal. Saat ini, sistem alarm pintar telah menggunakan teknologi Internet of Things. Teknologi IoT memungkinkan teman-teman tunarungu untuk mengendalikan sistem alarm melalui smartphone atau tablet.

- Kunci pintu pintar

Beberapa kunci pintu pintar memiliki fitur buka kunci otomatis yang bermanfaat bagi tunanetra. Fitur ini bekerja dengan bantuan sensor yang mendeteksi keberadaan seseorang di dekat pintu. Sensor yang biasa digunakan antara lain sensor bluetooth atau sensor gerakan.

Jangan lupa mengaktifkan fitur Aksesibilitas pada ponsel pintar atau tablet Anda. Fitur ini memudahkan menjalankan aplikasi atau koneksi yang terhubung ke perangkat keamanan.

Di mana Sahabat Lumba Bisa Mendapatkan Sistem Keamanan Rumah Ramah Disabilitas?

Salah satu tempat untuk mendapatkan sistem keamanan rumah ramah disabilitas yaitu Lumbatech. Sahabat Lumba dapat bekerja sama dengan Lumbatech dalam merancang sistem keamanan. Lumbatech juga siap membantu memilih produk, dan melakukan pemasangan sistem yang ramah disabilitas.

Selama proses perancangan, pemasangan, dan pengujian, Lumbatech berkolaborasi dengan Rumpud (Rumah Peduli Usaha Disabilitas).

LumbaTech berkomitmen untuk menyediakan produk sistem keamanan yang asli. Selain itu, Lumbatech menjamin pelayanan berkualitas, handal, dan ramah.  Hubungi tim pemasaran LumbaTech melalui nomor WA 0811 880 901. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar